Apa Fungsi dan Manfaat Internal Linking di Dalam Website/ Blog

Sebagian blogger sering berdiskusi mengenai internet marketing, webmaster, dan SEO, tidak ada habis-habis nya mereka membahas tentang link building tersebut. Dari banyak nya diskusi yang dibahas ada satu yang mungkin mereka lupakan yaitu Internal Link. Internal Link adalah sebuah link dari satu halaman website menuju halaman lain di dalam website yang sama, dimana isinya masih berhubungan. Dengan menggunakan internal link memungkinkan para pengunjung website/blog untuk menemukan informasi lain yang masih terkait, tentenunya akan membuat pengunjung akan lebih lama berada didalam situs kita. Internal linking dalam website/ blog adalah salah satu bagian yang sangat penting di dalam meningkatkan kualitas SEO (Search Engine Optimization)blog.
 
Apa saja manfaat Internal Linking?
 
Sebelum berlanjut kemanfaat, anda harus tahu tujuan link internal. Tujuan link internal adalah untuk memudahkan mesin pencari dalam menjelajahi, mengindeks semua halaman, dan melihat struktur blog saya secara keseluruhan. Struktur website yang rapih dan memiliki konten yang rapih akan membuat semua halaman website Anda terindeks dengan baik di Search Engine,
 
1. Meningkatkan penggunaan dan pengalaman pengunjung di situs Anda
Dengan menggunakan Internal Link akan membuat pengunjung berlama-lama di blog Anda dan membuka halaman-halaman lain di blog tersebut. Mengapa demikian, karena dengan adanya internal link yang masih berhubungan dengan artikel terkait akan menarik buat pengunjung blog anda. Link tersebut akan mengarahkan pembaca ke halaman postingan lainnya yang masih berhubungan. Dan jika mereka menyukai arikel anda, mungkin saja pengunjung tersebut akan berlangganan ke blog anda untuk kembali lagi di lain waktu.
Selain membuat pengunjung betah dan berlama lama juga akan menurunkan tingkat bounce rate (rasio pentalan) website anda, dan ini sangat penting karena Google memperhitungkan tingkat bounce rate sebagai metrik dalam menentukan apakah blog anda memiliki konten berkualitas atau tidak. Jika pengunjung terlalu cepat meninggalkan blog anda, Google bisa menganggap bahwa blog tersebut tidak memberikan manfaat bagi pembacanya, dan ini bisa berakibat turunnya peringkat blog anda di mesin pencari Google.
 
2. Meningkatkan SEO (Search Engine Optimization)
Penggunaan Internal Link juga bisa meningkatkan SEO pada artikel blog anda. Selain itu internal link juga membantu mempermudah mesin pencari untuk menjelajahi situs anda dengan mudah dan cepat. Membuat artikel dengan menyertakan Internal Link akan lebih baik dari pada memperbanyak artikel tanpa menyertakan internal link untuk menuju kehalaman lain. Dengan membuat kata kunci di internal link akan membantu Search Engine untuk memahami isi konten website Anda secara keseluruhan. 

Baca Juga : Cara Membuat Posting Blog SEO Friendly

3. Meningkatkan kualitas konten di dalam website/blog Anda
Dengan adanya konten-konten baru yang anda posting setiap harinya akan membuat konten yang lama semakin sulit ditemukan oleh pengunjung, apalagi konten tersebut tidak terlalu populer. Untuk itu anda bisa menambahkan link konten tersebut dihalaman konten lain yang sering dibaca oleh pengunjung. Semakin banyak halaman blog Anda yang dibuka oleh pengunjung dan diakses oleh mesin pencari, maka kualitas blog Anda akan semakin baik. Tentunya ini akan memberikan hasil yang lebih baik pada website/blog Anda.
 
Perhatikan Ketika Akan Membuat Internal Link
Ketika akan membuat internal link lakukanlah dengan benar, jangan sampai link tersebut hanya menjadi spam bagi mesin pencari karena tidak mengerti cara mengatur internal link nya sehingga menjadikan website/blog tidak terkendali dan mendapatkan hasil yang tidak baik.
Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin menggunakan Internal Link.
  1. Buat internal linking ke halaman yang terkait.
  2. Buat internal linking sewajarnya, jangan terlalu banyak.
  3. Gunakan anchor text yang berfariasi dan sesuai dengan halaman yang dituju.
  4. Lakukan internal linking dengan teratur.

Baca Juga : 6 Cara Untuk Membuat Konten Blog Lebih SEO

Tuntas sudah pembahasan artikel pada hari ini mengenai Apa Fungsi dan Manfaat Internal Linking di Dalam Website/ Blog, semoga bermanfaat dan saya ucapkan Terimakasih.
admin
Follow Me

admin

Seorang blogger pemula yang ingin sukses
admin
Follow Me

Latest posts by admin (see all)

ALR-site Copyright © 2017.